THE
DEVELOPMENT OF INTERACTIVE E-BOOK BASED CHEMISTRY
REPRESENTATIONS
REFERRED TO THE CURRICULUM OF 2013
Nama :
Aufa Ashfahani
NIM :
0104517008
Program Studi : Kurikulum dan Teknologi Pembelajaran
Tugas :
Kajian Jurnal
a.
Pertanyaan
1. Bagaimana
ciri kurikulum 2013
2. Apa
yang harus dilakukan dalam penerapan kurikulum 2013
3. Apa
metode dalam penelitian ini
4. Bagaimana
hasil dari penelitian ini
5. Bagaimana
analisa data kuesioner
6. Bagaimana
hasil dan diskusi dari penelitian ini
7. Bagaimana
kesimpulan
|
|
Penelitian
Sebelumnya:
1.
Beemt, A.,Akkerman, S.,
& Simons, P.R. (2010). Pathways in interactive media practices among youths.
Learning, Media and Technology, 35(4), 419–434.
2.
Cheng, M., & Gilbert,
J.K. (2009). Towards a better utilization of diagrams in research into the
use of representative levels in chemical education. Multiple Representation
in Chemical Education. Models and Modelling in Science Education, 45(4),
55-73.
3.
Chittleborough, G. D.,
& Treagust D.F. (2007). The modeling ability of non-majorchemistry
students and their understanding of the sub-microscopic level. Chemistry
Education Research and Practice, 8(4), 274-292.
4.
Johnson, G.M., (2015). The
influence of student learning characteristics on purchase of paper book and
eBook for university study and personal interest. Educational Psychology, 46
(3), 1-16
5.
Kizito, R. (2003). A
personal experience of learning with print and learning with electronic media
in open and distance education. Progressio. 25(2), 29-37.
|
|
8.
Pendahuluan
|
|
Tujuan
Penelitian
|
untuk
mengembangkan e-book
interaktif berdasarkan gambaran-gambaran ilmu kimia
|
Landasan
Teori
|
1. Siswa yang memahami teknologi menganggap dirinya mereka lebih mampu
daripada siswa yang tidak mengerti perkembangan teknologi seperti e-book (Johnson,
2015).
2.
Keberhasilan dalam
pembelajaran kimia meliputi pembangunan hubungan mental antara tingkat
makroskopik, submikroskopik dan simbolis dari representasi fenomena
seremonial dengan menggunakan berbagai mode representasi. (Cheng
& Gilbert, 2009).
3. Efektivitas pengajaran kimia di sekolah bergantung pada kemampuan guru
untuk mengkomunikasikan, menjelaskan konsep abstrak, kompleks dan kemampuan
siswa dalam menangkap penjelasannya (Treagust et al., 2003).
4. E-book interaktif dapat membantu siswa mencapai pemahaman yang lebih
baik terhadap topik karena mereka dapat menciptakan dan berbagi konten, serta
keterlibatan dan interaksi sebagai dua alasan utama untuk memahami mereka
(Beemt et al., 2010; Lim & Hew , 2014).
5. E-book merupakan salah satu inovasi sumber belajar yang bisa dijadikan
solusi dalam pengajaran kimia di sekolah. E-book memungkinkan siswa untuk
mengeksplorasi lebih jauh, memperluas pemahaman mereka tentang topik dan cara
berpikir yang berbeda (Doering et al., 2012).
|
9.
Metodologi
|
|
Design
|
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian
dan pengembangan (R & D)
|
Karakteristik
Responden
|
Kelas 2 SMA
|
Variabel
Utama
|
e-book interaktif
|
Alat
Ukur
|
Wawancara pedoman dan kuesioner
|
Prosedur
Penelitian
|
Kuesioner dibagikan
kepada 40 siswa kelas XII dan
pedoman wawancara diberikan kepada 4 guru
kimia di empat SMA tersebut. Kuesioner dilakukan untuk menentukan Apa jenis e-book yang digunakan
untuk membantu belajar proses. Selanjutnya kami menganalisis bahan ajar kimia
yang digunakan oleh guru dan siswa. Itu Analisis yang dilakukan adalah untuk
mengidentifikasi kemungkinan kelebihan dan kekurangan yang berkaitan dengan
kimia sumber belajar berbasis representative Hasil analisis kebutuhan
dilakukan selama Studi pendahuluan kemudian diposisikan sebagai referensi dalam
perencanaan dan pengembangan interaktif e-book Setelah draft selesai, jadilah
divalidasi oleh para ahli
|
10. Hasil
|
|
1
|
Representasi
berbasis e-book interaktif Kimia
yang dikembangkan dalam penelitian ini terdiri dari dua
bahan
untuk kelas XI SMA, reaksinya kekuatan
dan kesetimbangan kimia. Kompilasi bahan
pada e-book dibangun berdasarkan kompetensi
inti dan kompetensi dasar untuk kimia
mata
pelajaran kurikulum tahun 2013
|
2
|
analisis
tiga e-book untuk kelas kimia
XI
diterbitkan oleh beberapa penerbit dalam bentuk
BSE
(buku sekolah elektronik). Buku-buku itu ada
Masih
dalam bentuk buku konvensional yang mana
buku-buku
itu hanya dipindahkan ke elektronik
Bentuk
yang bisa ditampilkan menggunakan PC atau notebook.
|
3
|
Kimia
berbasis e-book interaktif Representasi
yang kami kembangkan terdiri dari empat bagian:
awal, pendahuluan, konten dan penutup
partswhich dibuat menggunakan flipbook pembuat
program Isinya terdiri dari enam bagian: kompetensi
dasar sesuai dengan kurikulum
tahun 2013, indikator, konteks, materi deskripsi,
ringkasan dan latihan interaktif.
|
11.
Pembahasan
|
Bahan-bahan kimia, analisa tentang ilmu kimia, formula
|
12.
Kekurangan
Paper
|
Pembahasan penelitian masih kurang detail dan valid
|
13.
Keunggulan
Paper
|
Produk untuk penelitian baik dan lengkap
|
14.
Saran
|
Lumayan bagus dan harus diperbaiki lagi tentang
pembahasannya
|
Daftar
Pustaka:
-
Arikunto, S. (2008). Dasar-dasar evaluasi pendidikan
edisi kedelapan. Jakarta, Indonesia: Bumi Aksara.
-
Beemt, A.,Akkerman, S., & Simons, P.R. (2010).
Pathways in interactive media practices among youths. Learning, Media and
Technology, 35(4), 419–434.
-
Cheng, M., & Gilbert, J.K. (2009). Towards a
better utilization of diagrams in research into the use of representative
levels in chemical education. Multiple Representation in Chemical Education. Models
and Modelling in Science Education, 45(4), 55-73.
-
Chittleborough, G. D., & Treagust D.F. (2007). The
modeling ability of non-majorchemistry students and their understanding of the
sub-microscopic level. Chemistry Education Research and Practice, 8(4),
274-292.
-
Daniel, D. B., & Woody, W. D. (2013). E-textbooks
at what cost? Performance and use of electronic v. Print texts. Computers &
Education, 62(2), 18–23.
-
Doering,T. Pereira,L., & Kruechler, L. (2012). The
use of e-textbooks in higher education: a case study. ELeader:
Berlin.
-
Haris, D. (2011). Panduan lengkap e-book: strategi
pembuatan dan pemasaran e-book. Yogyakarta, Indonesia: Cakrawala.
-
Johnson, G.M., (2015). The influence of student
learning characteristics on purchase of paper book and eBook for university
study and personal interest. Educational Psychology, 46 (3), 1-16
-
Kizito, R. (2003). A personal experience of learning with
print and learning with electronic media in open and distance education. Progressio.
25(2), 29-37.
-
Kozma, R.B., & Russel, J. (1997). Multimedia and
understanding: expert and novice responses to different representations of
chemical phenomena. Journal of Research In Science Teaching. 34(9), 949–968.
-
Lim, E.L., & Hew, K.F. (2014). Students’
perceptions of the usefulness of an e-book with annotative and sharing capabilities
as a tool for learning: a case study. Innovations in Education and Teaching International,
51(1), 34–45.
-
Mahaffy, P. (2006). Moving chemistry education into 3d:
a tetrahedral metaphor for understanding chemistry. Journal of Chemical
Education, 83(1), 49-55.
-
Manley. L., & Holley, R.P. (2012). History of the
ebook: the changing face of books. Technical Services Quarterly, 29 (3),
292–311.
-
Pulfrey, C., Darnon, C., & Butera, F. (2013).
Autonomy and task performance: explaining the impact of grades on intrinsic
motivation. Journal of Educational Psychology, 105, 39-57.
-
Sudjana. 2005. Metode Statistika. Tarsito. Bandung Tim
Penyusun. (2013). Salinan lampiran permendikbud no. 69 tahun 2013 tentang
kurikulum SMA-MA. Permendikbud. Jakarta.
-
Treagust, D., Chittleborough, G., & Maimala, T., (2003).
The role of submicroscopic and symbolic representations in chemical
explanations. International Journal of Science Education, 25 (11), 1353–1368.
-
Wu, H.K. (2003). Linking the microscopic view of chemistry
to real lifeexperiences: intertextuality in a high-school science classroom. Science
Education, 87(3), 868-891.
-
Zhang, (2005). The interactive multimedia-based e-learning:
a study of effectiveness. The American Journal of Distance Education, 19(3),
149–162
Komentar
Posting Komentar