THE DEVELOPMENT OF INTERACTIVE E-BOOK BASED CHEMISTRY
REPRESENTATIONS REFERRED TO THE CURRICULUM OF 2013

Nama                           : Aufa Ashfahani
NIM                            : 0104517008
Program Studi             : Kurikulum dan Teknologi Pembelajaran
Tugas                           : Kajian Jurnal
a.      Pertanyaan
1.      Bagaimana ciri kurikulum 2013
2.      Apa yang harus dilakukan dalam penerapan kurikulum 2013
3.      Apa metode dalam penelitian ini
4.      Bagaimana hasil dari penelitian ini
5.      Bagaimana analisa data kuesioner
6.      Bagaimana hasil dan diskusi dari penelitian ini
7.      Bagaimana kesimpulan
Penelitian Sebelumnya:
1.      Beemt, A.,Akkerman, S., & Simons, P.R. (2010). Pathways in interactive media practices among youths. Learning, Media and Technology, 35(4), 419–434.
2.      Cheng, M., & Gilbert, J.K. (2009). Towards a better utilization of diagrams in research into the use of representative levels in chemical education. Multiple Representation in Chemical Education. Models and Modelling in Science Education, 45(4), 55-73.
3.      Chittleborough, G. D., & Treagust D.F. (2007). The modeling ability of non-majorchemistry students and their understanding of the sub-microscopic level. Chemistry Education Research and Practice, 8(4), 274-292.
4.      Johnson, G.M., (2015). The influence of student learning characteristics on purchase of paper book and eBook for university study and personal interest. Educational Psychology, 46 (3), 1-16
5.      Kizito, R. (2003). A personal experience of learning with print and learning with electronic media in open and distance education. Progressio. 25(2), 29-37.
               
8.     Pendahuluan
Tujuan Penelitian
untuk mengembangkan e-book interaktif berdasarkan gambaran-gambaran ilmu kimia

Landasan Teori
1.      Siswa yang memahami teknologi menganggap dirinya mereka lebih mampu daripada siswa yang tidak mengerti perkembangan teknologi seperti e-book (Johnson, 2015).
2.      Keberhasilan dalam pembelajaran kimia meliputi pembangunan hubungan mental antara tingkat makroskopik, submikroskopik dan simbolis dari representasi fenomena seremonial dengan menggunakan berbagai mode representasi. (Cheng & Gilbert, 2009).
3.      Efektivitas pengajaran kimia di sekolah bergantung pada kemampuan guru untuk mengkomunikasikan, menjelaskan konsep abstrak, kompleks dan kemampuan siswa dalam menangkap penjelasannya (Treagust et al., 2003).
4.      E-book interaktif dapat membantu siswa mencapai pemahaman yang lebih baik terhadap topik karena mereka dapat menciptakan dan berbagi konten, serta keterlibatan dan interaksi sebagai dua alasan utama untuk memahami mereka (Beemt et al., 2010; Lim & Hew , 2014).
5.      E-book merupakan salah satu inovasi sumber belajar yang bisa dijadikan solusi dalam pengajaran kimia di sekolah. E-book memungkinkan siswa untuk mengeksplorasi lebih jauh, memperluas pemahaman mereka tentang topik dan cara berpikir yang berbeda (Doering et al., 2012).

9.     Metodologi
Design
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian
dan pengembangan (R & D)
Karakteristik Responden
Kelas 2 SMA
Variabel Utama
e-book interaktif
Alat Ukur
Wawancara pedoman dan kuesioner
Prosedur Penelitian
Kuesioner dibagikan kepada 40 siswa kelas XII dan pedoman wawancara diberikan kepada 4 guru kimia di empat SMA tersebut. Kuesioner dilakukan untuk menentukan Apa jenis e-book yang digunakan untuk membantu belajar proses. Selanjutnya kami menganalisis bahan ajar kimia yang digunakan oleh guru dan siswa. Itu Analisis yang dilakukan adalah untuk mengidentifikasi kemungkinan kelebihan dan kekurangan yang berkaitan dengan kimia sumber belajar berbasis representative Hasil analisis kebutuhan dilakukan selama Studi pendahuluan kemudian diposisikan sebagai referensi dalam perencanaan dan pengembangan interaktif e-book Setelah draft selesai, jadilah divalidasi oleh para ahli
10. Hasil
1
Representasi berbasis e-book interaktif Kimia yang dikembangkan dalam penelitian ini terdiri dari dua
bahan untuk kelas XI SMA, reaksinya kekuatan dan kesetimbangan kimia. Kompilasi bahan pada e-book dibangun berdasarkan kompetensi inti dan kompetensi dasar untuk kimia
mata pelajaran kurikulum tahun 2013
2
analisis tiga e-book untuk kelas kimia
XI diterbitkan oleh beberapa penerbit dalam bentuk
BSE (buku sekolah elektronik). Buku-buku itu ada
Masih dalam bentuk buku konvensional yang mana
buku-buku itu hanya dipindahkan ke elektronik
Bentuk yang bisa ditampilkan menggunakan PC atau notebook.
3
Kimia berbasis e-book interaktif Representasi yang kami kembangkan terdiri dari empat bagian: awal, pendahuluan, konten dan penutup partswhich dibuat menggunakan flipbook pembuat program Isinya terdiri dari enam bagian: kompetensi dasar sesuai dengan kurikulum tahun 2013, indikator, konteks, materi deskripsi, ringkasan dan latihan interaktif.
11.             Pembahasan
Bahan-bahan kimia, analisa tentang ilmu kimia, formula
12.             Kekurangan Paper
Pembahasan penelitian masih kurang detail dan valid
13.             Keunggulan Paper
Produk untuk penelitian baik dan lengkap
14.             Saran
Lumayan bagus dan harus diperbaiki lagi tentang pembahasannya

Daftar Pustaka:
-          Arikunto, S. (2008). Dasar-dasar evaluasi pendidikan edisi kedelapan. Jakarta, Indonesia: Bumi Aksara.

-          Beemt, A.,Akkerman, S., & Simons, P.R. (2010). Pathways in interactive media practices among youths. Learning, Media and Technology, 35(4), 419–434.

-          Cheng, M., & Gilbert, J.K. (2009). Towards a better utilization of diagrams in research into the use of representative levels in chemical education. Multiple Representation in Chemical Education. Models and Modelling in Science Education, 45(4), 55-73.

-          Chittleborough, G. D., & Treagust D.F. (2007). The modeling ability of non-majorchemistry students and their understanding of the sub-microscopic level. Chemistry Education Research and Practice, 8(4), 274-292.

-          Daniel, D. B., & Woody, W. D. (2013). E-textbooks at what cost? Performance and use of electronic v. Print texts. Computers & Education, 62(2), 18–23.

-          Doering,T. Pereira,L., & Kruechler, L. (2012). The use of e-textbooks in higher education: a case study. ELeader:
            Berlin.

-          Haris, D. (2011). Panduan lengkap e-book: strategi pembuatan dan pemasaran e-book. Yogyakarta, Indonesia: Cakrawala.

-          Johnson, G.M., (2015). The influence of student learning characteristics on purchase of paper book and eBook for university study and personal interest. Educational Psychology, 46 (3), 1-16

-          Kizito, R. (2003). A personal experience of learning with print and learning with electronic media in open and distance education. Progressio. 25(2), 29-37.

-          Kozma, R.B., & Russel, J. (1997). Multimedia and understanding: expert and novice responses to different representations of chemical phenomena. Journal of Research In Science Teaching. 34(9), 949–968.

-          Lim, E.L., & Hew, K.F. (2014). Students’ perceptions of the usefulness of an e-book with annotative and sharing capabilities as a tool for learning: a case study. Innovations in Education and Teaching International, 51(1), 34–45.

-          Mahaffy, P. (2006). Moving chemistry education into 3d: a tetrahedral metaphor for understanding chemistry. Journal of Chemical Education, 83(1), 49-55.

-          Manley. L., & Holley, R.P. (2012). History of the ebook: the changing face of books. Technical Services Quarterly, 29 (3), 292–311.

-          Pulfrey, C., Darnon, C., & Butera, F. (2013). Autonomy and task performance: explaining the impact of grades on intrinsic motivation. Journal of Educational Psychology, 105, 39-57.

-          Sudjana. 2005. Metode Statistika. Tarsito. Bandung Tim Penyusun. (2013). Salinan lampiran permendikbud no. 69 tahun 2013 tentang kurikulum SMA-MA. Permendikbud. Jakarta.

-          Treagust, D., Chittleborough, G., & Maimala, T., (2003). The role of submicroscopic and symbolic representations in chemical explanations. International Journal of Science Education, 25 (11), 1353–1368.

-          Wu, H.K. (2003). Linking the microscopic view of chemistry to real lifeexperiences: intertextuality in a high-school science classroom. Science Education, 87(3), 868-891.


-          Zhang, (2005). The interactive multimedia-based e-learning: a study of effectiveness. The American Journal of Distance Education, 19(3), 149–162

Komentar

Postingan Populer