Change Requires Change!
Information Technology, Student Preparedness and Industry Collaboration:
Supporting the bridging process between education and training with innovative solutions.
Nama                           : Aufa Ashfahani
NIM                            : 0104517008
Program Studi             : Kurikulum dan Teknologi Pembelajaran
Tugas                           : Kajian Jurnal
a.      Pertanyaan
1.      Bagaimana publikasi baru-baru ini di IBM ?
2.      Bagaimana peran penting perguruan tinggi
3.      Bagaimana generasi penelitian akademik dan praktek bisnis?
4.      Bagaimana tantangan kita untuk mengahadapi hal tersebut?

Penelitian Sebelumnya:
               
5.     Pendahuluan
Tujuan Penelitian
Untuk menjembatani kesenjangan pendidikan tentang pengajaran dan pelatihan supaya  keterampilan siswa siap untuk diterjunkan dalam industri
Landasan Teori
” Within the broader design
community, “the value of industrial collaboration
in an applied subject has long been noted . . .”
(Evans and Spruce, 2005).

“ Further, they argue that higher-learning institutions should be
able to advance the thought-space without the pressures of commerce and capitalism
(Etzkowitz, Webste r and Healey, 1998).

The opportunities for business and practice
success are as abundant as they are complex”
(Cramer, 2006).
6.     Metodologi
Design
Eksperimen
Karakteristik Responden
Mahasiswa, kalangan dewasa
Variabel Utama
Teknologi informasi
Alat Ukur
Wawancara pedoman dan kuesioner
Prosedur Penelitian
Mensurvei perusahaan, meneliti bidang-bidang perusahaan, menganalisa hasil
7.     Hasil
1
pendidikan tinggi telah menjadi salah satu misi utama untuk akuisisi dan penyebaran pengetahuan

2
Inisiatif akademis industri tradisional bisa
mudah ditemukan, termasuk magang perusahaan,
program studi kerja, penasehat kurikulum, kuliah tamu dan kursus.

3
Melalui kolaborasi yang luas, pendidik dan
Praktisi dapat meningkatkan pendidikan
pengalaman, mempercepat proses transfer pengetahuan, mengambil keuntungan dari, teknis, sosial,
peluang lingkungan dan ekonomi

8.    Pembahasan
Pendidikan tinggi, generasi penelitian akademik dan praktek bisnis, tantangan kita untuk mengahadapi hal tersebut
9.    Kekurangan Paper
Pembahasan penelitian masih kurang detail dan valid
10.             Keunggulan Paper
Pengamatan untuk penelitian baik dan lengkap
11.             Saran
Lumayan bagus dan harus diperbaiki lagi tentang pembahasannya

Daftar Pustaka            :
1.      IBM, A New Way to Work: Futurist Insights to 2025 and Beyond, e-book, 2015.

2.      Collvin, Geoff, Humans are Underrated, Portfolio Penguin random House, 2015.


3.      Roberts, J. L.2007, IASDR07,”The Future Of Academic –Industry Collaboration, Consumer Experience Design, Motorola, Chicago, IL, USA.



5.       J. O'Sullivan, "Validating academic training versus organizational training: An analysis in the enterprise resource planning (ERP) field," ACM, Pace University, 2011.

6.      Caiola, G., O’Sullivan, J., “ERP, A Strategic Tool To Drive Business Performance, IMAE Publishing, 2014.

7.      SHRM, “How Social Media Has Transformed Talent Acquisition,” June 2014.

8.       IBM, “Embracing Change to Reimagine the Workforce,” August 2014.




Improving Outcome Assessment in Information
Technology Program Accreditation

Nama                           : Aufa Ashfahani
NIM                            : 0104517008
Program Studi             : Kurikulum dan Teknologi Pembelajaran
Tugas                           : Kajian Jurnal
a.      Pertanyaan
1.      Bagaimana peran penting dari penilaian hasil pembelajaran siswa ?
2.      Bagaimana penilaian formatif dan sumatif ?
3.      Bagaimana hasil dari penilaian tersebut ?
4.      Bagaimana hasil dan tujuan lembar kerja ?
5.      Apa saja keterbatasan dalam penelitian ini ?.
6.      Apa kesimpulan dalam penelitian ini ?.
Penelitian Sebelumnya:
Barnetson, B., & Cutright, M. (2000). Performance indicators as conceptual technologies. Higher Education40(3), 277-292.
Gibralter, J., & Cepriano, L. (2006). General education assessment at Farmingdale State University: Creating a central core of educational values. Assessment Update18(1), 8-9.


1.     Pendahuluan
Tujuan Penelitian
Penilaian belajar dan membahas perkembangan peserta didik pada waktu tertentu.
Landasan Teori
Schools that are not accredited may not be eligible for Federal funding. Most importantly, prospective employers and graduate schools may not recognize a non-accredited program (Articlesbase, 2009).

The Program Criteria includes coverage of several topics specific to IT curricula. In 2009, the ABET Computing Accreditation Committee (CAC) reported that only 51% of 95 computing programs visited in 2008-2009 received favorable ratings (Kelly, Parrish, & Price, 2009).

Assessment of student learning outcomes plays an important role in educational effectiveness, improvement, and sustainability that is increasingly being recognized and required by accrediting bodies” (Buzzetto-More & Alade, 2006, p.1).

Assessment is an integral part of assuring that an educational institution meets necessary standards, as well as a crucial means of providing the evidence necessary for seeking and maintaining accreditation (Love & Cooper, 2004).
One of the first exercises done at accreditation training is the creation of a list of program outcomes. This list must logically map to the generic and IT program outcomes (a) – (n) (ABET Inc. CAC 2009).
2.     Metodologi
Design
Penelitian tindakan kelas
Karakteristik Responden
College student
Variabel Utama
Penilaian hasil
Alat Ukur
survei, wawancara, dan ujian yang dikembangkan oleh asesor selain instruktur.
Prosedur Penelitian
Survey, penelitian, hasil penelitian
3.     Hasil
1
melakukan penilaian terhadap tingkat pencapaian hasil program.
2
Menampilkan ABET
Evaluator lembar kerja untuk setiap hasil program
3
memudahkan untuk menunjukkan data yang telah ada
dikumpulkan, dampak data, dan tindakan apa yang telah diambil
4.    Pembahasan
Penilaian formatif dan sumatif, program teknologi informasi, program teknik dan komputer
5.    Kekurangan Paper
Pembahasan penelitian masih kurang detail dan valid
6.    Keunggulan Paper
Bahan ajar untuk penelitian baik dan lengkap
7.    Saran
Lumayan bagus dan harus diperbaiki lagi tentang pembahasannya

Daftar Pustaka:
-       ABET Inc. (2009). Accredited program search. Retrieved March 2, 2010, from http://www.abet.org/AccredProgramSearch/AccreditationSearch.aspx

-       ABET Inc. CAC (2009). Criteria for accrediting computing programs. Effective for evaluations during the 2009- 2010 Accreditation Cycle. Retrieved March 3, 2010, from
            http://www.abet.org/Linked%20Documents-UPDATE/Criteria%20and%20PP/C001%200910%20CAC%20Criteria%2012-01-08.pdf

-       ABET Inc. EAC (2008). Criteria for accrediting engineering programs. Retrieved March 4, 2010, from http://www.abet.org/Linked%20Documents-UPDATE/Criteria%20and%20PP/E001%2007-
            08%20EAC%20Criteria%2011-15-06.pdf

-       Articlesbase. (2009). Why is accreditation important while selecting a college? Retrieved March 3, 2010, from http://www.articlesbase.com/college-and-university-articles/why-is-accreditation-importantwhile-
            selecting-a-college-964141.html

-       Barnetson, B., & Cutright, M. (2000). Performance indicators as conceptual technologies. Higher Education40(3), 277-292.

-       Bloom, B., Mesia, B. & Krathwohl, D. (1956). Taxonomy of educational objectives: The cognitive domain. New York: David McKay Publishing Company.

-       Buzzetto-More, N., & Alade, A. (2006). Best practices in e-assessment. Journal of Information Technology Education, 5, 251-269. Retrieved from http://www.jite.org/documents/Vol5/v5p251- 269Buzzetto152.pdf

-       Gibralter, J., & Cepriano, L. (2006). General education assessment at Farmingdale State University: Creating a central core of educational values. Assessment Update18(1), 8-9.

-       Kellough, R. D., & Kellough, N. G. (1999). Secondary school teaching: A guide to methods and resources: Planning for competence. Upper Saddle River, New Jersey: Prentice Hall.
            Goda & Reynolds IIP-59

-       Kelly, D., Parrish, A., & Price, A. (2009). Computing Accreditation Commission Plenary Session. Retrieved March 4, 2010, from http://www.abet.org/Linked%20Documents-UPDATE/Presentations/09- CAC%20Commission%20Summit.pdf

-       Lawson, E., Lidtke, D. K., & Price, B. (2007). Information technology accreditation activities. Outcome worksheets. Retrieved March 2, 2010, from

-       Love, T. & Cooper, T. (2004). Designing online information systems for portfolio-based assessment: Design criteria and heuristics. Journal of Information Technology Education, 3, 65-81. Retrieved March 4, 2010, from http://jite.org/documents/Vol3/v3p065-081-127.pdf

-       Lunt, B., Ekstrom, J., Gorka, S., Kmali, R., Lawson, E., LeBlanc, R., et al. (2008). ACM computing curricula, Information technology volume. Retrieved March 2, 2010, from

-       Marzano, R. (2006). Classroom assessments and grading that work. Alexandria, VA: Association for Supervision and Curriculum Development

-       Middle States Commission on Higher Education. (2010). Institutional responsibilities in the accreditation
                process. Retrieved January 18, 2010, from           http://www.msche.org/?Nav1=POLICIES&Nav2=INDEX

-       Princeton Review. (2010). College majors. Retrieved 3/10/10 from:

-       Strivens, J., Baume, D., Grant, S., Owen, C., Ward, R., & Nicol, D. (2009). The role of e-portfolios in formative and summative assessment. Retrieved March 5, 2010, from



THE DEVELOPMENT OF INTERACTIVE E-BOOK BASED CHEMISTRY
REPRESENTATIONS REFERRED TO THE CURRICULUM OF 2013

Nama                           : Aufa Ashfahani
NIM                            : 0104517008
Program Studi             : Kurikulum dan Teknologi Pembelajaran
Tugas                           : Kajian Jurnal
a.      Pertanyaan
1.      Bagaimana ciri kurikulum 2013
2.      Apa yang harus dilakukan dalam penerapan kurikulum 2013
3.      Apa metode dalam penelitian ini
4.      Bagaimana hasil dari penelitian ini
5.      Bagaimana analisa data kuesioner
6.      Bagaimana hasil dan diskusi dari penelitian ini
7.      Bagaimana kesimpulan
Penelitian Sebelumnya:
1.      Beemt, A.,Akkerman, S., & Simons, P.R. (2010). Pathways in interactive media practices among youths. Learning, Media and Technology, 35(4), 419–434.
2.      Cheng, M., & Gilbert, J.K. (2009). Towards a better utilization of diagrams in research into the use of representative levels in chemical education. Multiple Representation in Chemical Education. Models and Modelling in Science Education, 45(4), 55-73.
3.      Chittleborough, G. D., & Treagust D.F. (2007). The modeling ability of non-majorchemistry students and their understanding of the sub-microscopic level. Chemistry Education Research and Practice, 8(4), 274-292.
4.      Johnson, G.M., (2015). The influence of student learning characteristics on purchase of paper book and eBook for university study and personal interest. Educational Psychology, 46 (3), 1-16
5.      Kizito, R. (2003). A personal experience of learning with print and learning with electronic media in open and distance education. Progressio. 25(2), 29-37.
               
8.     Pendahuluan
Tujuan Penelitian
untuk mengembangkan e-book interaktif berdasarkan gambaran-gambaran ilmu kimia

Landasan Teori
1.      Siswa yang memahami teknologi menganggap dirinya mereka lebih mampu daripada siswa yang tidak mengerti perkembangan teknologi seperti e-book (Johnson, 2015).
2.      Keberhasilan dalam pembelajaran kimia meliputi pembangunan hubungan mental antara tingkat makroskopik, submikroskopik dan simbolis dari representasi fenomena seremonial dengan menggunakan berbagai mode representasi. (Cheng & Gilbert, 2009).
3.      Efektivitas pengajaran kimia di sekolah bergantung pada kemampuan guru untuk mengkomunikasikan, menjelaskan konsep abstrak, kompleks dan kemampuan siswa dalam menangkap penjelasannya (Treagust et al., 2003).
4.      E-book interaktif dapat membantu siswa mencapai pemahaman yang lebih baik terhadap topik karena mereka dapat menciptakan dan berbagi konten, serta keterlibatan dan interaksi sebagai dua alasan utama untuk memahami mereka (Beemt et al., 2010; Lim & Hew , 2014).
5.      E-book merupakan salah satu inovasi sumber belajar yang bisa dijadikan solusi dalam pengajaran kimia di sekolah. E-book memungkinkan siswa untuk mengeksplorasi lebih jauh, memperluas pemahaman mereka tentang topik dan cara berpikir yang berbeda (Doering et al., 2012).

9.     Metodologi
Design
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian
dan pengembangan (R & D)
Karakteristik Responden
Kelas 2 SMA
Variabel Utama
e-book interaktif
Alat Ukur
Wawancara pedoman dan kuesioner
Prosedur Penelitian
Kuesioner dibagikan kepada 40 siswa kelas XII dan pedoman wawancara diberikan kepada 4 guru kimia di empat SMA tersebut. Kuesioner dilakukan untuk menentukan Apa jenis e-book yang digunakan untuk membantu belajar proses. Selanjutnya kami menganalisis bahan ajar kimia yang digunakan oleh guru dan siswa. Itu Analisis yang dilakukan adalah untuk mengidentifikasi kemungkinan kelebihan dan kekurangan yang berkaitan dengan kimia sumber belajar berbasis representative Hasil analisis kebutuhan dilakukan selama Studi pendahuluan kemudian diposisikan sebagai referensi dalam perencanaan dan pengembangan interaktif e-book Setelah draft selesai, jadilah divalidasi oleh para ahli
10. Hasil
1
Representasi berbasis e-book interaktif Kimia yang dikembangkan dalam penelitian ini terdiri dari dua
bahan untuk kelas XI SMA, reaksinya kekuatan dan kesetimbangan kimia. Kompilasi bahan pada e-book dibangun berdasarkan kompetensi inti dan kompetensi dasar untuk kimia
mata pelajaran kurikulum tahun 2013
2
analisis tiga e-book untuk kelas kimia
XI diterbitkan oleh beberapa penerbit dalam bentuk
BSE (buku sekolah elektronik). Buku-buku itu ada
Masih dalam bentuk buku konvensional yang mana
buku-buku itu hanya dipindahkan ke elektronik
Bentuk yang bisa ditampilkan menggunakan PC atau notebook.
3
Kimia berbasis e-book interaktif Representasi yang kami kembangkan terdiri dari empat bagian: awal, pendahuluan, konten dan penutup partswhich dibuat menggunakan flipbook pembuat program Isinya terdiri dari enam bagian: kompetensi dasar sesuai dengan kurikulum tahun 2013, indikator, konteks, materi deskripsi, ringkasan dan latihan interaktif.
11.             Pembahasan
Bahan-bahan kimia, analisa tentang ilmu kimia, formula
12.             Kekurangan Paper
Pembahasan penelitian masih kurang detail dan valid
13.             Keunggulan Paper
Produk untuk penelitian baik dan lengkap
14.             Saran
Lumayan bagus dan harus diperbaiki lagi tentang pembahasannya

Daftar Pustaka:
-          Arikunto, S. (2008). Dasar-dasar evaluasi pendidikan edisi kedelapan. Jakarta, Indonesia: Bumi Aksara.

-          Beemt, A.,Akkerman, S., & Simons, P.R. (2010). Pathways in interactive media practices among youths. Learning, Media and Technology, 35(4), 419–434.

-          Cheng, M., & Gilbert, J.K. (2009). Towards a better utilization of diagrams in research into the use of representative levels in chemical education. Multiple Representation in Chemical Education. Models and Modelling in Science Education, 45(4), 55-73.

-          Chittleborough, G. D., & Treagust D.F. (2007). The modeling ability of non-majorchemistry students and their understanding of the sub-microscopic level. Chemistry Education Research and Practice, 8(4), 274-292.

-          Daniel, D. B., & Woody, W. D. (2013). E-textbooks at what cost? Performance and use of electronic v. Print texts. Computers & Education, 62(2), 18–23.

-          Doering,T. Pereira,L., & Kruechler, L. (2012). The use of e-textbooks in higher education: a case study. ELeader:
            Berlin.

-          Haris, D. (2011). Panduan lengkap e-book: strategi pembuatan dan pemasaran e-book. Yogyakarta, Indonesia: Cakrawala.

-          Johnson, G.M., (2015). The influence of student learning characteristics on purchase of paper book and eBook for university study and personal interest. Educational Psychology, 46 (3), 1-16

-          Kizito, R. (2003). A personal experience of learning with print and learning with electronic media in open and distance education. Progressio. 25(2), 29-37.

-          Kozma, R.B., & Russel, J. (1997). Multimedia and understanding: expert and novice responses to different representations of chemical phenomena. Journal of Research In Science Teaching. 34(9), 949–968.

-          Lim, E.L., & Hew, K.F. (2014). Students’ perceptions of the usefulness of an e-book with annotative and sharing capabilities as a tool for learning: a case study. Innovations in Education and Teaching International, 51(1), 34–45.

-          Mahaffy, P. (2006). Moving chemistry education into 3d: a tetrahedral metaphor for understanding chemistry. Journal of Chemical Education, 83(1), 49-55.

-          Manley. L., & Holley, R.P. (2012). History of the ebook: the changing face of books. Technical Services Quarterly, 29 (3), 292–311.

-          Pulfrey, C., Darnon, C., & Butera, F. (2013). Autonomy and task performance: explaining the impact of grades on intrinsic motivation. Journal of Educational Psychology, 105, 39-57.

-          Sudjana. 2005. Metode Statistika. Tarsito. Bandung Tim Penyusun. (2013). Salinan lampiran permendikbud no. 69 tahun 2013 tentang kurikulum SMA-MA. Permendikbud. Jakarta.

-          Treagust, D., Chittleborough, G., & Maimala, T., (2003). The role of submicroscopic and symbolic representations in chemical explanations. International Journal of Science Education, 25 (11), 1353–1368.

-          Wu, H.K. (2003). Linking the microscopic view of chemistry to real lifeexperiences: intertextuality in a high-school science classroom. Science Education, 87(3), 868-891.


-          Zhang, (2005). The interactive multimedia-based e-learning: a study of effectiveness. The American Journal of Distance Education, 19(3), 149–162

Komentar

Postingan Populer